Keindahan Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan

Keindahan Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan

ADS1
ADS2
Aku punya sedikit ulasan tentang wisata alam yang bagus nih selain dari namanya aja yang unik wisata yang satu ini juga pemandangannya patut di acungi jempol. Masih di sekitar kawasan pasuruan, apalagi kalau bukan wisata Air Terjun Kakek Bodo.

Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan merupakan sebuah air terjun setinggi 40 meter yang berada di lereng Gunung Arjuno, dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Pasuruan. Karena lokasinya yang berada di kawasan pegunungan, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan dapat menyaksikan pemandangan alam dengan hamparan pepohonan yang sangat memukau. Sumber air terjun ini berasal dari Sungai Kaligetik. Tepat dibawah curahan air terjun terdapat sebuah kolam alami dengan kedalaman 1 hingga 5 meter. Ketika wisatawan berkunjung ke tempat ini, kolam yang berada tepat dibawah deburan air terjun ini menjadi tempat yang tak terlewatkan, baik sebagai tempat untuk mandi maupun berfoto.

Air Terjun Kakek Bodo tidak sekedar menyajikan air yang terjun dari ketinggian punggung bukit. Tapi di lokasi ini tersedia sarana bermain yang cukup memadai. Ada kolam renang dan arena bermain anak-anak. Tiket masuk murah meriah. Tidak sampai 10.000 rupiah.

Dan kenapa Air terjun ini di sebut dengan Air Terjun Kakek Bodo ???

Konon pada jaman dahulu kala, Banyak Villa/ Loji dibangun di kawasan ini. Nah, di salah satu rumah Belanda itu ada seorang laki-laki tua yang santun, sholeh dan cekatan  dalam  bekerja. lelaki tua yang mengabdikan hidupnya kepada sebuah keluarga belanda yang kaya raya.

Pada suatu hari, sang kakek yang menjadi pembatu tersebut memilih untuk menyepi, memutuskan untuk bertapa di hutan belantara meninggalkan tuannya. Tentu saja sang tuan  merasa sangat kehilangan. Dibujuknya mantan pembantunya untuk kembali ke rumah. Tapi bujuk rayunya sia-sia. Sang pembantu tetap ingin tinggal sendiri di hutan yang sepi dekat air terjun. Akhirnya, majikan Belanda pun marah-marah dan menyebut mantan pembantunya sebagai KAKEK BODOH. Orangtua yang Bodoh! Sampai sekarang nama itu melekat menjadi sebutan bagi air terjun yang cantik ini.



Sang kakek bertapa karena ingin melupakan semua hal yang bersifat duniawi. Sudah diberi fasilitas,dan  gaji yang cukup, dan tinggal di tempat yang enak, tetapi sang kakek malah memilih bertapa di tengah hutan belantara. Namun tidak disangka, dengan bertapa di air terjun tersebut, sang kakek mendapatkan sebuah kesaktian. Dengan kesaktian yang didapatkan nya, sang kakek menggunakannya untuk membantu siapapun yang membutuhkan pertolongan.

Dan lama kelamaan kakek bodoh itu menjadi tua renta dan pikun, karna usia akhirnya ia pun meninggal,dan anda dapat menyaksikan secara langsung Makam tempat Jasad Kakek Bodo dikebumikan, dan tidak sembarang orang bisa masuk ke tempat tersebut. itu ada di sekitar kawasan Air terjun Kakek bodoh.

Akan tetapi sepeninggal lokasi makam Kakek Bodo, nuansa alami dan cenderung mistis makin menggelayuti perjalanan. Dulunya di kawasan ini banyak anak – anak yang mendirikan kemah baik dari kegiatan sekolah maupun sekedar wisata, kemudian banyak anak – anak yang kesurupan atau bsa di sebut dengan “kesurupan masal”.

Pohon-pohon tua ada di kanan kiri jalan. Akar-akar berusia puluhan (mungkin ada yang ratusan tahun) kadang dijumpai  melintang di tengah jalan. pohon-pohon hutan itu menanungi sepanjang jalan. Teduh dan tak membuat lelah saat melangkah. di kiri ada sungai jernih. Air berkecipak merdu disahuti suara burung liar. Benar-benar suasana yang pas untuk merefresh jiwa. Apalagi  warna hijau juga mendominasi  di setiap penjuru. Akhirnya, di ujung sebuah cekungan bukit. Terhamparlah pemandangan eksotik. Air meluncur jatuh  tanpa terhalang ke sebuah kolam.  Tidak gemericik tapi deras. Sungguh nikmat  rasanya mandi di kolam di bawah pancuran Air Terjun Kakek Bodo. Anak-anak kecil cukuplah bermain air di sela-sela bebatuan. Dan pastinya mereka sangat senang.
Baca : Wisata Air Terjun Cuban Baung Pasuruan
Pada ujungnya kita  akan menjumpai curahan air dari tebing-tebing. Wujudnya berupa Air Terjun bertingkat yang disebut Air Terjun Alap-alap. Air terjun ini tak kalah indah dengan Air Terjun Kakek Bodo yang ada di bawah. Sayangnya untuk menuju ke sana perlu tenaga ekstra. Mungkin hanya anak-anak muda dan yang punya jiwa petualang bisa menakhlukannya.

Lokasi air terjun kakek bodo

Air Terjun Kakek Bodo terletak kurang lebih 60 km dari pusat Kota Surabaya, dan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan apabila berangkat dari Bandara Juanda. Namun apabila berangkat dari Pusat Kota Pasuruan, tentu perjalanan yang di tempuh akan lebih dekat. Untuk lokasi tepatnya, Air Terjun Kakek Bodo ini berada di Jln. Taman Wisata, No 541, Tretes, Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Selama ini orang orang mengenal Jawa Timur sebagai daerah yang kaya akan wisata Pantai. Padahal, apabila di explore lebih mendalam, Jawa Timur tidak hanya memiliki banyak pantai saja, melainkan banyak wisata menarik yang layak untuk dikunjungi, seperti theme park, gunung, Air terjun dan salah satunya yaitu Air Terjun Kakek Bodo yang terletak di Tretes, Prigen, Pasuruan ini.
Lihat juga wisata Pasuruan lainnya.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top