Candi Pari, Tempat Wisata Bersejarah Di Sidoarjo Yang Harus Anda Kunjungi

Candi Pari, Tempat Wisata Bersejarah Di Sidoarjo Yang Harus Anda Kunjungi

ADS1
ADS2
Anda belum pernah ke Candi Pari di Sidoarjo Jawa Timur? Jika belum maka jangan anda lewatkan untuk mampir ke sana bila sedang berada di Kabupaten dekat Surabaya ini. Candi Pari adalah salah satu candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang ada di Sidoarjo. Candi ini berbentuk seperti candi khamer yang ada di Birma dan candi Champa yang ada di thailan. Candi pari ini memiliki ciri khas yang berbeda karena pola bangunan candi berbeda dengan candi-candi lainnya.

Candi ini di bangun pada kerajaan Majapahit sebagai ciri dari candi bangunan ala Majapahit ini adalah bentuk candi di bagian tengah kecil. Sementara bagian bawah dan atas ukurannya lebih besar. Kapan candi pari ini dibangun, candi pari diperkirakan didirikan pada tahun 1917 masehi oleh penguasa kerajaan Majapahit dibawah pimpinan raja Hayam Wuruk. Ukuran candi ini adalah panjang candi 16.86 meter, lebar candi 14.10 meter dan tinggi candi mencapai 13.40 meter.


Candi pari merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang berada di kota Sidoarjo. Candi ini terletak di kec. Porong Sidoarjo. Candi pari ini sering didatangi oleh pengunjung baik dari dalam kabupaten Siodoarjo sendiri maupun dari luar kota. Bukan hanya pengunjung lokal, namun wisatawan asing juga banyak yang penasaran dengan candi hasil karya Majapahit ini.

Pada saat musim liburan candi ini menarik lebih banyak pengunjung, suasana lokasi wisata yang hijau dan segar tentunya akan menjadikan setiap pengunjung merasa nyaman. Wisata candi yang indah ini tidak anda temukan di lain daerah jadi luangkan waktu anda untuk berkunjung ke candi pari untuk mengenal sejarah lebih nyata dengan menatap peninggalnnya.

Ketika hari libur anda bisa mengajak putra-putri untuk pergi ke candi pari, ya sekedar untuk memberikan edukasi sejarah yang dimiliki Negara ini kepada meraka, agar mereka lebih mengetahui Bangsa tercinta ini.

Lokasi Candi Pari Sidoarjo

Candi pari ini berada di Desa Candi Pari, Kec. Porong Sidoarjo Jawa Timur. Bagi anda yang belum tahu sama sekali daerah sidoarjo, silahkan sobat akses goole maps untuk mengetahui dimana lokasi tepatnya.

Keindahan Candi Pari Sidoarjo

Wisata candi pari memiliki keindahan tersendiri yang mampu menarik minat pengunjung untuk merapat dan menikmati pemandangan sekitar candi. Hal ini sangat cocok sekali dijadikan sebagai tempat rekreasi untuk melepas penat di pikiran. Candi peninggalan majapahit ini dijaga dan dilestarikan oleh pemerintah sebagai peninggalan sejarah yang berharga.

Bangunan candi ini persegi empat dengan ukuran yang telah disebutkan diatas, juga memiliki ciri-ciri candi buatan kerajaan Majapahit. Pola yang menyerupai candi Khamer ini menghadap ke barat ditutup dengan batu andesit.

Fasilitas di candi pari Sidoarjo

Candi pari ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas diantaranya mushola, area parkir kendaraan, MCK dan rumah makan. Fasilitas ini di bangun untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, sehingga setiap pengunjung tidak perlu khawatir jika ingin ke kamar mandi maupun melaksanakan ibadah sholat.

Akses ke Candi Pari Sidoaro

Untuk anda yang tinggal atau berdomisili di Sidoarjo tentunya tidak ada masalah untuk menuju ke tempat wisata ini. Namun bagi anda yang berada diluar Sidoarjo tentunya membutuhkan panduan bagai mana untuk bisa tiba di lokasi.

Bila anda menggunakan kendaraan pribadi bisa mengikuti panduan dengan mengakses google maps. Selain itu, anda juga bisa menuju lokasi naik kendaraan umum, saat ini banyak tersedia kendaraan umum baik roda empat maupun roda dua. Langsung saja anda anda bilang hendak ke Candi Pari Sidoarjo.
Jangan lupa mampir juga ke Museum Mpu Tantular.
Demikian informasi sekilas tentang wisata bersejarah Candi Pari di Sidoarjo, semoga bisa bermanfaat dan selamat liburan. Jangan lupa membawa perlengkapan yang anda butuhkan disana terutama bawa kamera beresolusi tinggi untuk mengabadikan moment indah disana dengan background Candi Pari di Sidoarjo.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top