Museum Mpu Tantular, Bisa Jadi Tujuan Wisata Di Kota Sidoarjo

Museum Mpu Tantular, Bisa Jadi Tujuan Wisata Di Kota Sidoarjo

ADS1
ADS2
Museum Mpu Tantular adalah satu satu obyek wisata di kota Sidoarjo, propinsi Jawa Timur. Jalan-jalan di kota ini terasa tidak membosankan bila anda mengetahui beberapa tempat wisata yang cukup menarik untuk melepaskan penat dipikiran. Kesibukan dan rutinitas sehari-hari bisa menjadikan orang stres, nah dengan demikian syaraf dapat dikendurkan dengan pergi rekreasi bersama keluarga atau teman sejawat.

Apakah anda sampai saat ini belum melihat bagaimana Museum Mpu Tantular ini? jika belum jangan lewatkan untuk berkunjung ke sana. Lokasi Museum Mpu Tantular yaitu berada di Jl. Raya Buduran dan berada dalam kawasan Kecamatan Buduran Sidoarjo. Akses menuju ke sana pun cukup mudah sekali bisa dicapai dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Museum Mpu Tantular ini didirikan oleh orang berkebangsaan Jerman bernama Godfried Hariowald von Faber di tahun tahun 1933. Orang jerman tersebut sudah menetap di Surabaya. Meskipun museum tersebut telah dibangun namun peresmiannya baru pada tanggal 25 Juli 1937. Sejak didirikannya, lokasi museum selalu dipindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Hal ini disebabkan karena semakin banyaknya  benda-benda koleksi. Tentunya perpindahan lokasi juga ke tempat yang memiliki area lebih luas dan lebih baik.


Perpindahan pertama museum ini adalah di jalan Pemuda  3 Surabaya, setelah itu lokasi pun dipindah kembali sekitar tahu 1975 yaitu di jalan Mayangkara Nomor 6. Setelah pindah di lokasi tersebut, Museum Mpu Tantular diresmikan kemali oleh Gubernur Jawa Timu yaitu Bapak Sunandar Priyosudarma pada tanggal 12 Agustus 1977. Tidak selesai di situ, perpindahan kembali lagi di lakukan, tempat yang terakhir dan sampai saat ini yaitu berada di Jalan Buduran Sidoarjo keluar kota Surabaya.

Setelah perpindahan Museum Mpu Tantular di  area tersebut juga diresmikan kembali namun bukan oleh Gubernur Jawa Timur tetapi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur yaitu Bapak Dr. H. Rasio, Msi. Nama Museum itu ternyata mengambil nama seorang yang pernah jada pada zaman Prabu Hayam Wuruk. Beliau adalah seorang pujangga tersohor waktu itu, salah satu kitab yang terkenal hasil karyanya yaitu Arjuna Wijaya dan Kakawin Sutasoma. Salah satu bait yang paling terkenal dari kitab Kakawin Sutasoma dan dijadikan sebagai motto Nasional Bangsa Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda namun tetap satu jua.

Mpu Tantular juga memiliki arti tersendiri, jadi Mpu Tantular adalah gelar yang diberikan kepada beliau yang artinya adalah seorang yang pandai, tak tertulari, tak menyimpang, tidak terpengaruh dan tidak berubah. Sampai saat ini sudah banyak tersimpan benda-benda kuno yang antik. Jika sobat berkunjunga ke sana akan menemukan benda unik seperti sepeda dari kayu,sepeda tinggi, hiasan garudeya dan masih banyak menyimpan benda-benda menarik lainnya.

Nah, ini merupakan tujuan wisata edukasi yang sangat tepat bagi putra-putri anda untuk mengenal sejarah khususnya sejarah Indonesia. Wisata Mpu Tantular di sidoarjo tidak pernah sepi pengunjung apalagi ketika sedang musim liburan sekolah. Banyak siswa-siswi maupun mahasiswa yang datang ke obyek wisaja sejarah tersebut. Bukan hanya pengunjung lokal dari Kabupaten Sidoarjo saja, namun pengunjung dari luar kota juga selalu didapati.

Untuk masuk ke wisata Museum Mpu tantular tidaklah mahal, sebab tujuan utama museum ini didirikan adalah untuk menjaga, merawat dan melestarikan kekayaan budaya Indonesia. Dengan dikembangkannya cagar budaya ini diharapkan dapat juga membangun dan mewujudkan persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.
Baca : Wisata di Sidoarjo lainnya
Sehingga kita semakin paham khususnya bagi pelajar agar lebih tahu bahwa bangsa tercinta ini memiliki kebudaan yang luar biasa dan patut untuk dibanggakan. Hal ini sangat penting, karena mengingat sudah banyak putra-putri kita yang lebih gemar dengan budaya asing karena efek dari globalnya informasi yang semakin mudah diakses. Mudah-mudahan dengan adanya museum-museum sejarah seperti ini bisa menarik kembali pada generasi untuk melirik budaya sendiri.

Untuk menuju ke tempat wisata ini sangat mudah, bahkan jarak lokasi Museum Mpu Tantular dari pusat kota cukup dekat yaitu hanya membutuhkan waktu 5 menit sudah sampai. Jadi bagi sobat yang datang dari luar kota tidak perlu khawatir dan resah mengenai penginapan, pasalnya tidak jauh dari lokasi banyak tersedia penginapan maupun hotel yang harganya terjangkau.

Okelah sobat, demikian sekilas tentang wisata Museum Mpu Tantular di Sidoarjo Jawa Timur, mudah-mudahan bisa menjadi informasi positif dan bermanfaat bagi kita semua. Selamat berwisata, hati-hati dijalan dan semoga selamat sampai tujuan.



Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top