Candi Sumur Mojokerto

Candi Sumur Mojokerto

ADS1
ADS2
Candi Sumur Mojokerto Beragam jenis situs peninggalan kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia yaitu di Mojokerto bisa kita lihat hingga sekarang. Salah satu diantara peninggalan dan merupakan bukti akan adanya peradapan di masa dulu ini adalah candi sumur Mojokerto. Sebagaimana namanya, candi ini menyerupai sumur, seiringnya berjalannya waktu candi ini juga dimakan usia yang kini tinggal reruntuhan.

Berdasarkan cerita, candi sumur ini memiliki kisah yang cukup menarik. Dimana pada masa kejayaan kerajaan majapahit, ada seorang putri adipati yang memiliki paras cantik sekali. Kecantikan putri ini mengundang perhatian para pejabat tinggi Majapahit untuk menjadikannya istri. Sang putri canti tersebut adalah anak dari Adipati Bulu.

Menurut ceritanya bahwa sang putri nan cantik ini memberikan syarat bagi siapa yang ingin meminangnya. Tak gentar, tak ragu dan tak menyerah salah satu petinggi kerajaan majapahit yang benar-benar jatuh hati dan ingin menjadikan sang putri menjadi istri bersedia memenuhi apapun permintaan atau syarat dari sang putri.


Syarat yang diajukan oleh putri manis tersebut adalah mampu membuat sebuah sumur dimana air sumur lebih tinggi dari sumber air dan permukaan sungai. Mendengar permintaan sang putri, seorang petinggi kerajaan siap untuk merealisasikan persyaratan tersebut. Kemudia dibuatlah sebuah sumur, sumur ini dikelilingi dengan pohon besar dan sering di sebut dengan panggilan sumur gantung.

Bagian atas sumur diberikan lubang bentuk permukaannya persegi dengan luas 2,4 meter persegi, konon sumur ini mengeluarkan air. Tetapi sejak tahun 1940 sumur ini ini sudah mampat dan tidak mengeluarkan air. Selain itu, kini sumur juga sudah terpendam oleh reruntuhan puing-puing yang berada di dekatnya.
Lihat : tempat rekreasi Mojokerto yang lain.
Berdasarkan cerita ini, dapat kita ambil sedikit kesimpulan dalam hal teknologi. Dengan dibuatnya sumur gantung atau candi sumur ini berarti pada zaman kerajaan majapahit telah mengetahui sistem hidrologi bangunan air. Tak hanya itu kerajaan majapahit juga sudah mengenal sistem waduk dan kanal.

Lokasi Candi Sumur

Candi sumur ini berada di Ds. Berat Wetan, Kec. Gedeg, Mojokerto Jawa Timur. Bila anda penasaran dengan candi ini silahkan datang ke alamat tersebut. Bila anda masih bingung, anda bisa membuka google map dan perhatikan lokasinya. Jangan lupa cari akses terbaik untuk menuju ke sana dari tempat anda berada.
Jangan lupa singgahi juga Pacet Mini Park.
Itulah sekilas mengenai candi sumur yang merupakan peninggalan dari kerajaan besar pada masa lalu yang berada di Mojokerto Jawa Timur.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top