Hutan Mangrove Surabaya Jawa Timur

Hutan Mangrove Surabaya Jawa Timur

ADS1
ADS2
Hutan Mangrove Surabaya - Yups kawan, kita masih mengulas tentang wisata alam yang ada di Surabaya. Nah, yang ini ni... ternyata terdapat hutan yang berada di tengah kota besar dan ramai, hutan tersebut adalah Hutang Mangrove Surabaya. Hutan Mangrove dibangun dan dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Surabaya yaitu selain sebagai destinasi wisata alam yang sungguh mengasyikkan juga turut ikut andil dalam program dunia untuk mengurangi pemanasan global atau sering di kenal dengan istilah Go Green.

Mengingat kota Surabaya merupakan kota nomer 2 di Indonesia yaitu penuh dengan keramaian karena sebagai pusat semua sektor aktivitas khususnya perdagangan. Ternyata, walaupun demikian kota Surabaya tetap perduli dengan kondisi lingkungan yakni dengan melestarikannya agar lebih ramah dan bersahabat dengan kehidupan. Hutan Mangrove ini dibangun di pantai yang mana selain melestarikan lingkungan hidup juga mencegah terjadinya abrasi.

Tanaman bakau adalah tanaman yang memenuhi area Hutan Mangrove Surabaya ini, tanaman bakau tersebut memiliki manfaat yang sangat penting yaitu seperti yang tersebut di atas untuk menahan dorongan air laut agar tidak mengakibatkan erosi tanah. Hutan mangrove ini berdiri diatas lahan seluas 200 hektar yang mana semakin hari hutan ini semakin rimbun karena kawasan ini juga dijadikan sebagai budidaya mangrove. Bahkan setiap pengunjung yang datang diberikan kesempatan untuk menanam pohon bakau dikawasan hutan mangrove yang masih kosong.

Tak sebatas itu saja, hutan mangrove juga dijadikan sebagai sarana pendidikan perihal kelestarian alam. Selain untuk kelestarian alam, pun juga menjadi surga alam bagi beberapa spesies yang menghuni hutan ini misalnya kera ekor panjang serta burung pantai yang sering berterbangan kesana kemari di hutan yang cantik ini. Kehijaun tampak sepanjang mata melihat, untuk sobat yang ingin berwisata alam murah maka hutan mangrove Surabaya bisa menjadi jujugannya.

Lokasi Hutan Mangrove Surabaya


Lokasi ekowisata hutan mangrove ini berada di Surabaya bagian timur sebab hal ini di harapkan agar dapat mengurangi abrasi diwilayah timur yang dekat dengan laut. Lokasinya terletak di Jl. Wonorejo nomer 1, Rungkut Surabaya Jawa Timur. Karena keberadaan hutan mangrove di jalan Wonorejo, maka hutan ini juga dikenal dengan sebutan hutan mangrove Wonorejo. Kalau sobat pernah mendengar hutan mangrove Wonorejo itulah hutan mangrove Surabaya.

Untuk menuju lokasi pun tidaklah sulit karena sobat tidak perlu melewati jalan yang terjal dan curam. Datang ke lokasi ekowisata mengrove Surabaya bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Rute menuju ke hutan mangrove dari terminal Bungurasih membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit sudah sampai di tempat parkir hutan mangrove. Dalam perjalanan sobat akan melewati jalan yang belum diaspal, tapi jangan khawatir jalannya mudah dilewati kok.

Pesona Keindahan Hutan Mangrove Surabaya


Dewasa ini hutan mangrove begitu digemari oleh pecinta wisata alam, di Indonesia sendiri terdapat banyak hutan mangrove yang sudah populer seperti pantai indah kapuk. Bukan hanya wisatawan lokal saja tetapi ekowisata hutan mangrove juga mulai menarik wisatawan dari luar negeri. Sementara hutan mangrove Surabaya sampai sekarang masih dalam proses peningkatan, semoga kedepannya bisa menjadi lebih bagus dan menarik.

Walaupun demikian, jika sobat berkunjung di area yang penuh dengan kehijauan ini saya rasa tidak akan kecewa. Sebab pemandangan yang alami dan segar akan memanjakan sobat saat menyusuri hutan tersebut. Dilengkapi dengan track yang terbuat dari kayu diatas air, sobat dapat menyusuri sepanjang hutan ini. Jangan lewatkan untuk mengambil foto selfie di bagian yang paling indah.

Kabarnya ada beberapa poin yang memiliki keindahan alam luar biasa, sehingga sangat disayangkan jika momen ini tidak diabadikan. Hutan ini menjadi destinasi wisata yang paling cocok untuk melepaskan diri dari jeratan rutinitas setiap hari kerja. Selain tempatnya yang bagus juga murah harga tiketnya. Tak sebatas itu, sobat juga bisa naik perahu untuk menikmati pemandangan laut hingga pemandangan jembatan suramadu yang tampak menarik. Di hutan mangrove surabaya ini ternyata dilengkapi dengan rumah makan, yang menyediakan hidangan segar karena langsung ditangkap dari hutan tersebut misalnya kepiting.
Baca : Taman cantik di Surabaya dan wisata malam di Surabaya.

Tiket Masuk hutan Mangrove Surabaya

Tiket Masuk hutan Mangrove Surabaya terbilang murah, yaitu hanya dengan merogoh gecek sebesar 25 ribu rupiah untuk dewasa dan 15 rupiah untuk anak-anak sobat sudah bisa berkeliling menikmati pemandangan hutan mangrove Surabaya yang begitu eksotis. Oh iya, ditambah lagi biaya parkir sebesar 2000 untuk parkir motor. Perlu diketahui harga tiket yang sobat bayar tersebut itu sudah termasuk transport (perahu) menuju ke kawasan hutan mangsove.

Jam Operasional Hutan Mangrove Surbaaya

Hutan mangrove Surabaya ini dibuka mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore, waktunya lumayan pendek. Jadi jangan berangkat terlalu siang agar sobat bisa menyusuri hutan mangrove ini lebih luas. Sebab area hutan mangrove ini cukup luas, sehingga untuk menyusuri hutan mangrove ini diperlukan waktu yang cukup lama agar bisa eksplor lebih luas disana.

Satu hal lagi jika hendak berangkat ke hutan mangrove Surabaya jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman. Sebab diarea hutan mangrove ini tidak tersedia penjual.

Demikianlah sedikit ulasan tentang hutan mangrove Surabaya, semoga bisa menjadi daftar obyek wisata yang akan sobat kunjungi. Selamat menikmati hari-hari yang indah, hati-hati dijalan dan semoga selamat sampai tujuan.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top