Masjid Al Akbar Surabaya Sungguh Megah Dan Modern

Masjid Al Akbar Surabaya Sungguh Megah Dan Modern

ADS1
ADS2
Masjid Agung Surabaya tentunya sudah tidak asing lagi di pendengaran kita, masjid Agung yang berada di jalan Pagesangan Jambangan Surabaya Jawa Timur ini memiliki nama Masjid Al Akbar. Masjid Al Akbar seringkali menjadi singgahan bagi para touring religi misalnya ketika ziarah Wali Songo atau wali limo, tak sekedar itu saja keindahan dan kemegahan bangunan masjid ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk datang melihat dan memasuki masjid untuk melaksanakan sholat di dalam masjid tersebut.

Masjid Agung Surabaya ini dinobatkan sebagai masjid terbesar kedua di Indonesia setelah masjid Istiqlal Jakarta. Pembangunan masjid Masjid Al Akbar Surabaya dimulai pada tanggal 4 Agustus 1995, pembangun sempat mengalami kendala kerana terjadi krisis moneter nasional.

Masjid Agung Surabaya baru diresmikan oleh Presiden KH. Abdurrahma Wahid (Gusdur) pada 10 November 2000. Sejak diresmikannya, Masjid Al Akbar sering didatangi oleh pengunjung dari berbagai daerah yaitu untuk melaksakan sholat sekaligus menikmati pemandangan bangunan masjid modern dan megah ini.

Masjid besar ini dibangun diatas lahan seluas 11.2 ha, sementara bangunan masjid memiliki panjang 147 m dan lebarnya 128 m, untuk luas bangunan Masjid Al Akbar sekitar 28.509 meter persegi. Masjid Al Akbar dibangun dua lantai yang difungsinkan untuk jamaah sholat dilengkapi pula dengan lift. Kabarnya Masjid Al Akbar mampu menampung jamaah sekitar 59.000 orang, wow besar sekali bukan?

Masjid Al Akbar Surabaya

Menariknya lagi Masjid Al Akbar Surabaya ini dibangun dan dilengkapi dengan sebuah menara yang cukup tinggi yaitu ketinggian menara masjid mencapai 99 meter. Pengunjung juga diperbolehkan naik menara tersebut dengan membayar uang sebesar 3000 rupiah per orang.

Ketika berada diatas menara masjid, sobat akan disuguhkan dengan pemandangan kota Surabaya, Sidoarjo yang tampak indah dari atas menara. Tak sebatas itu saja pulau Madura pun ikut tampak terlihat dan satu lagi sobat akan melihat pula lautan lumpur lapindo.

Jika hendak naik menara jangan lupa untuk membawa kamera beresolusi bagus, untuk menangkap moment indah dengan background pemandangan kota surabaya dan sidoarjo yang menakjubkan di atas menara.

Ciri khas dari bangunan Masjid Al Akbar Surabaya ini adalah terdapat satu kubah utama yang ukurannya besar disertai dengan 4 kubah lebih kecil sementara kubahnya dibangun dengan struktur berbentuk daun dan penerapan warna biru dan hijau yang akan membuat setiap mata merasa segar ketika menatapnya. Warna hijau terlihat begitu bagus dan cerah saat di perhatikan dari kejauhan.
Desain eksterior maupun interior Masjid Al Akbar Surabaya didominasi dengan kaligrafi dan ukiran kayu, bahkan dinding dalam masjid didominasi dengan pemandangan tersebut. Bukan hanya dinding saja, tetapi 45 pintu utamanya juga dibuat dari ukiran kayu yang sangat menarik dan penuh artistik.

Didalam masjib juga banyak tersedia rak untuk meletakkan Al-Qur’an sehingga sangat mudah sekali untuk mendapatkannya jika sobat ingin membaca Al-Qur’an di dalam masjid Agung ini. Keindahan desain interior Masjid Al Akbar Surabaya ini juga didukung dengan adanya ornament kaligrafi yang panjangnya 180 meter dan lebar 1 meter.

Untuk memperkuat desain interior maupun ekterior Masjid Al Akbar Surabaya, dilengkapi juga dengan ornamen kaca yang terlihat mempesona. Bahan kaca tersebut juga dimanfaatkan untuk mengurangi suara ramai dari luar masjid, alhasil didalam masjid akan terasa lebih tenang dan nyaman.

Tak cukup itu saja, keindahan masjid agung Surabaya ini juga didukung dengan penerapan cahaya yang sangat apik baik interior maupun eksterior. Sehingga ketika malam hari masjid terlihat megah dan indah.

Banyak aktivitas religi yang sering berlangsung di masjid ini seperti acara akad nikah, kajian rutin, tablig akbar, dan aktivitas religi lainnya. Bahkan kabarnya sekarang Masjid Al Akbar Surabaya membuka program ngaji internet, wah… berarti bagi kita yang berada jauh dari masjid bisa mengikuti pengajian dong hehe..

Begitu bagusnya bangungan Masjid Al Akbar Surabaya ini yang pasti akan membuat rasa kagum bagi setiap orang yang memandangnya. Harapan pribadi sih, semoga bukan hanya bangunan masjid saja yang diunggulkan, tetapi yang lebih penting adalah membangun keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Itulah sepintas mengenai masjid Agung Surabaya, silahkan mampir bila sedang jalan-jalan di kota Pahlawan ini.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top